Jumat, 23 April 2010

KERANGKA  PENGAJARAN  MATA  KULIAH


MATA KULIAH               : Media Pembelajaran/Pengemb. Bahan Ajar
DOSEN PEMBINA           : Moh. Miftahusyaian
JURUSAN                       : PAI
FAKULTAS                     : Tarbiyah
Perguruan Tinggi          : IAINJ Paiton Probolinggo


STANDAR KOMPETENSI

Mahasiswa memiliki pemahaman filosofis,  konseptual dan mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan tentang pengembangan bahan ajar pada media pembelajaran.

Materi Perkuliahan
1.           Pendahuluan; Landasan Filosofis Pendidikan dan Pend. Agama
2.           Media Pendidikan dan proses belajar mengajar
3.           Peran dan jenis bahan ajar/media pendidikan
4.           Pengembangan media Pendidikan; Faktor dan prosedur pengembangan  bahan ajar
5.           Pengembangan dan pemanfaatan media cetak: Modul, Handout, LKS dan Tampilan Visual
6.           Pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar non cetak: Transparansi, Audio, Audio Transparansi, program video dan Bahan ajar berbantuan komputer
7.           Bahan ajar Display
8.           Beberapa contoh tentang Peralatan Media Pendidikan
9.           Evaluasi Bahan ajar cetak
10.       Evaluasi Bahan ajar non cetak

1.     Organisasi Perkuliahan
a.     Seluruh perkuliahan disusun untuk mencapai target seperti tersebut dalam standar kompetensi dan tujuan pendidikan.
b.      Perkuliahan dibagi menjadi:
1.     Penerusan pengetahuan tentang materi yang disebut dalam susunan materi perkuliahan (kognitif).
2.     Penanaman ketrampilan dalam mengidentifikasikan masalah-masalah yang menyangkut dan timbul dari apa yang disebut dalam materi perkuliahan.
3.     Penanaman sikap yang mendorong terhadap pengikutsertaan mahasiswa secara aktif didalam usaha pemecahan masalah dibidang media pendidikan.
c.      Metode dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan adalah dengan:
1.     Pemberian kuliah secara lisan.
2.     Mengadakan tanya jawab dan diskusi mengenai masalah-masalah yang   terdapat dalam materi perkuliahan.
3.     Menugaskan mencari tambahan pengetahuan/ketrampilan dengan   membaca dan menganalisa materi dari buku-buku, essay dan media  internet yang relevan secara tertulis.
4.     Menyajikan hasil analisa dari penugasan tersebut dalam kelas dan mendikusikannya.
5.     Menugaskan mengadakan observasi terbatas mengenai suatu masalah dibidang media pendidikan/pengembangan bahan ajar pada berbagai sekolah.(dengan menggunakan kuisioner atau interview dan observasi).
d.  Mendorong untuk menerapkan secara intensif sistem belajar  sendiri sera mengembangkan ilmu pengetahuannya sendiri, dengan mengidentifikasikan sumber-sumber lembaga/organisasi serta perseorangan yang dapat membantu usaha mahasiswa.
e.  Menerapkan pendekatan secara individual, dengan memperhatikan latar belakang dan kondisi mahasiswa masing-masing.

2.     Jadwal Perkuliahan
a.     Materi secara keseluruhan diberikan dalam 4 kali waktu perkuliahan, setiap kuliah berlangsung 120 menit.
b.      Evaluasi formatif dilaksanakan 2 kali, satu kali setelah setiap 2 kali pertemuan.
c.      Evaluasi sumatif dilaksanakan sebagai ujian akhir semester dengan menyesuaikan pada jadwal UAS.

3.     Evaluasi
a.     Pada prinsipnya evaluasi dilaksanakan secara ”built-in”. Pada akhir setiap perkuliahan diadakan evaluasi, dapat pula dalam bentuk lisan, tertulis, atau pemberian tugas.
b.      Sebagai evaluasi formatif disusun suatu mid-test setelah diselesaikan 2 kali perkuliahan.
c.      Penilaian akan dilakukan sesuai dengan acuan akademik yang berlaku dengan nilai akhir berupa:
Huruf A untuk rentang nilai 80 - 100
Huruf B untuk rentang nilai 70 -   79
Huruf C untuk rentang nilai 60 -   69
Huruf D untuk rentang nilai 50 -   59
Huruf E tidak lengkap            0 -   49
d.     Adapun item-item penilaian terdiri dari
1.     Nilai formatif dengan bobot 50 % dari nilai total, terdiri dari:
-       presensi kehadiran          10 %
-       aktifitas kelas                  20 %
-       paper / makalah              20 %
2.     Nilai ujian tengah semester   20 %
3.     Nilai ujian akhir semester     30 %
        Total:                              100 %

 

TINJAUAN PUSTAKA


Tian Belawati, dkk., 2003, Pengembangan Bahan Ajar, edisi 1, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta.

Arief S. Sadiman, dkk., 1990, Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, (cet. 2) Pustekkom Dikbud. Dan CV. Rajawali, Jakarta

Nana Sudjana, 1990, Teknologi Pendidikan, CV. Rajawali, Jakarta

Dick, Walter dan Carey, L. 1985. The Systematic Design of Instruction. London: Scott, Foresman and Compony.

Esseff, Peter J. & E. Marry S. 1980. Behavioral Task Analysis: Workbook on Developing Individualized Instruction. Washing­ton: Educational System for the Future (ESF Press).

APEID. 1992. Towards Developing New Teacher Competencies in Response to Mega Trends in Curiculum Reforms. Bangkok: UNESCO Principal Regional Office for Asia and The Pacific.

Muhaimin, 2006, Nuansa Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Oemar Hamalik, 2005, Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Sinar Grafika





Tidak ada komentar:

Posting Komentar